Tips Perawatan Pasca Operasi Katarak Dan Pencegahannya

Penderita mata katarak di Indonesia meningkat menjadi 240.000 jiwa per tahunnya di seluruh pelosok Indonesia. Penglihatan akan berangsur pulih dan kemampuan melihat akan semakin jernih dari mata normal biasa. Beberapa pasien yang telah melakukan operasi mata katarak akan diberikan 4 jenis yaitu obat yang harus diminum ada 2 macam yakni obat antibiotik dan pereda nyeri dan obat tetes mata yang terdiri dari 2 jenis yakni Cendo Xitrol ( antibiotik dan steroid ) dan Floxa ( antibiotik steril ).

Perawatan pasien pasca operasi katarak, yakni :

1. Pasien pasca operasi katarak tidak boleh batuk, mengedan, merokok, mengangkat beban berat lebih dari 5 kg, membungkuk, ketika melakukan sholat disarankan dilakukan dengan cara tidur, dan tidak boleh melakukan aktivitas seksual minimal 1 minggu.

2. Mata pasien yang pasca operasi bedah mata katarak tidak boleh sampai terkena air, di kucek-kucek dan ketika tidur disarankan untuk menggunakan pembungkus rambut ketika hendak tidur agar rambut anda tidak mengganggu mata. Adapun untuk pelindung mata setelah 2-3 hari pasca operasi dapat mengenakan kacamata hitam untuk sehari-hari.

3. Pasien disarankan untuk menggunakan obat tetes mata dengan 2 jenis seperti yang telah disebutkan diatas, yakni Cendo Xitrol ( antibiotik dan steroid ) dan Floxa ( antibiotik steril ) gunakan pada jam-jam berikut : 15.00, 18.00, 21.00. Hari-hari selanjutnya diteteskan 6 kali sehari yaitu pada jam : 06.00, 09.00, 12.00, 15.00, 18.00, dan terakhir pada jam 21.00.

4. Minum obat sesuai resep dokter setiap hari

5. Biasanya pasien juga akan menjalani pemeriksaan kembali atau kontrol rutin sesuai waktu yang telah ditentukan oleh dokter.

6. Konsultasikan kembali kepada dokter ahli mata, apabila terjadi suatu gangguan atau masalah terkait pasca operasi mata katarak.

Waktu perawatan setelah operasi mata katarak tergantung pada jenis katarak dan jenis operasi yang dilakukan. Pemulihan setelah operasi mata katarak biasanya 1 – 1,5 bulan. Kedisiplinan dan perhatian anda dalam menjaga mata merupakan faktor pendukung yang sangat penting untuk menentukan lamanya masa perawatan.

Penanganan kembali Mata Katarak

Katarak dapat diatasi dengan jalan operasi yakni dengan cara pengambilan lensa yang keruh. Ada beberapa tehnik operasi yang dilakukan oleh beberapa Rumah Sakit Mata, yakni Operasi dengan irisan luas dengan jahitan konvensional dan dengan irisan kecil tanpa jahitan lensa dikeluarkan dengan alat Phaceomulsifikasi ( small incision surgery ). Pemilihan tekhnik operasi ini bergantung pada tingkat kekerasan lensa mata. Setelah lensa katarak yang keruh diambil, penderita katarak hanya mampu menghitung contoh menghitung jari dengan jarak 1 meter, kecuali penderita diganti lensanya.

Ada 2 cara dalam melakukan operasi penggantian lensa, yakni :

1. Penderita katarak yang telah melakukan masa operasi mata katarak akan diberi kacamata atau lensa kontak negatif (-) dengan ukuran lensa kurang lebih 10 dioptri ( sama dengan 10 cm ).

2. Penderita mata katarak akan dipasang atau ditanam lensa bersamaan pada saat dilakukan operasi. Operasi dengan penggantian lensa ini dapat langsung dinikmati oleh penderita dapat melihat jelas, tidak perlu menggunakan kacamata yang sangat tebal, penglihatan mata terasa luas, terang dan jelas baik melihat objek benda atau menangkap suatu cahaya.

Setelah anda mengetahui keuntungan yang anda dapatkan pasca menjalani operasi mata katarak ini, ada beberapa hal atau faktor resiko yang harus di hindari agar tidak ada lagi peluang terkena mata katarak, diantaranya hal tersebut adalah :

• Faktor usia yang semakin bertambahnya

Disarankan untuk tetap menjaga mata anda dari segala bentuk penyakit atau gangguan mata lainnya, dengan cara menjaga pola makan, pola hidup dan mengurangi kebiasaan buruk serta menjaga kebersihan dan kesehatan mata.

• Diabetes

Penyakit diabetes mellitus juga dapat dijadikan salah satu faktor terjadi mata glaukoma, jika di dalam sel darah banyak mengandung gula berlebih sehingga oksigen ke seluruh tubuh tersendat karena kadar gula berlebih termasuk pada mata. Mata katarak bila tidak segera ditangani akan berakibat pada mata glaukoma.

• Faktor genetik keluarga dengan penyakit katarak

faktor keturunan masih menjadi alasan utama seseorang menderita suatu penyakit turunan dengan segala bentuk dan macam penyakit katarak

• Pernah mengalami cedera atau radang pada mata

• Pernah mengalami operasi mata sebelumnya

• Penggunaan corticosteroids dalam jangka waktu lama

Kemungkinan sebagian besar seseorang yang sebelum dalam perawatan atau pernah melakukan operasi katarak sering mengkonsumsi obat-obatan medis dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga hanya mengganggu mata karena kandungan dari tiap obat yang anda minum terutama obat corticosteroids.

• Terkena sinar matahari secara berlebihan

• Terkena radiasi ion atau radiasi dari sinar ultraviolet

• Kebiasaan buruk seperti merokok

Pencegahan

Ada beberapa cara pencegahan sederhana guna untuk mengurangi kemungkinan terkena katarak, antara lain :

• Jangan merokok

• Buatlah kebiaasan baru untuk mengatur pola makan anda agar tetap sehat dengan menu makanan yang mengandung gizi, nutrisi dan vitamin serta lainnya yang seimbang

• Mencoba melindungi mata anda dari pancaran cahaya atau sinar matahari, misalnya dengan cara menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi radiasi atau pancaran bebas dari sinar ultraviolet di siang hari.

• Tetap menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dengan minum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter setiap harinya dan olahraga yang cukup.

Ketika tahun 2010 biaya operasi mata katarak dibutuhkan dana sebesar 3.750.000 untuk 1 mata dan dilihat dari jenis katarak yang diderita. Operasi tersebut dilakukan di sebuah klinik mata terkenal di Jakarta dan ditangani oleh dokter spesialis bedah mata yang berpengalaman. Biaya tersebut sudah termasuk dalam perawatan, ruang operasi yang nyaman dengan tekhnologi canggih serta obat-obatan yang akan diterima pasien pasca operasi.


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>