Penyakit Katarak

Penyakit Katarak – Penyakit katarak adalah penurunan progresif kejernihan lensa. Lensa menjadi keruh aau berwarna putih abu-abu, dan ketajaman penglihatan berkurang. Katarak terjadi apabila protein pada lensa yang secara normal transparan terurai dan mengalami koagulasi pada lensa. Sebagian besar katarak yang disebut katarak senilis terjadi akibat perubahan degenerative yang berhubungan dengan penuaan. Pajanan terhadap sinar matahari selama hidup dan predisposisi herediter berperan dalam perkembangan katarak senilis. Katarak juga terjadi pada usia berapa saja setelah trauma lensa, infeksi mata, atauu pajanan terhadap radiasi atau obat tertentu. Janin yang terpajan virus rubella dapat mengakami katarak. Individu yang mengalami diabetes melitus jangka panjang sering mengalami katarak, yang memungkinkan besar disebabkan oleh gangguan aliran darah ke mata dan perubahan penanganan dan metabolisme glukosa.

Penyakit Katarak

Penyakit Katarak

Penyakit Katarak Mata

Gejala pada penyakit katarak adalah :

  1. Penurunan ketajaman penglihtan secara progresif
  2. Terjadi kekaburan pengliharan, silau, dan hilangnya persepsi warna.

Diagnosis penyakit katarak adalah :

  1. Katarak didiagnosis setelah riwayat dan pemeriksaan fisik saat opasitas yang berwarna agak putih pada lensa terlihat
  2. Pada bayi, mungkin tidak terjadi refleks merah pada pemeriksaan mata.

Komplikasi pada penyakit katarak mata adalah gangguan penglihatan dapat terjadi jika tidak diobati. Penatalaksanaan penyakit katarak adalah Terapi dapat berupa eksisi seluruh lensa dan penggantian dengam lensa buatan, atau fragmentasi lensa dengan ultrasound atau laser yang diikuti oleh aspirasi fragmen dan penggantian lensa.

Mencegah Penyakit Mata Katarak

Mencegah penyakit mata katarak dapat dilakukan dengan madu dari lebah yang tidak bersengat ternyata memiliki khasiat mencegah penyakit katarak. Katarak adalah mengeruhnya lensa mata yang berakibat penglihatan mungkin. Di Negara berkembang,lebih dari 90% kebutaan terjadi akibat penyakit katarak. Sevelum adanya penelitian modern, madu dari lebah yang tidak bersengat sudah dipakai sebagai pbat tradisional. Secara modern, madu yan diambil dari jenis lebah Melipona favosa favisa dan Trigona angustula angustula dikemas dalam bentuk obat tetes mata dan banyak digunakan di Venezuela. D Meksiko, madu diambil dari spesies M.beechei dan Scptotrigona Mexicana, sedangkan di Brazil obat tets mata untuk katarak ini diambil dari spesies Trigona angustula angustula.

Madu dari lebah tak bersengat ini mengandung luteolin dan flavenoid yang tinggi. Flavonoid merupakan senyawa fenolik yang bersumber dari tumbuhan dan kemudian lebih menyarikannya menjadi madu. Senyawa fenolik tersebut dapat menghambat kerja enzim aldolase reduktase yang menyebabkan katarak. Vitamin C dan tetes mata madu untuk mengobati katarak setelah dilakukan penelitian.

Makanan Untuk Katarak Mata

Beberapa jenis makanan dibawah ini sangat baik dalam membantu mencegah penyakit katarak mata adalah :

  1. Buah alpukat
    Buah alpukat adalah salah satu jenis buah dengan kandungan lutein di dalamnya dan lebih banyak dibandingkan oleh jenis buah yang lain. Manfaat dari lutein sendiri adalah membantu mencegah terjadinya degenerasi mauklar dan juga penyakit katarak mata. Dan selain itu juga buah alpukat juga bisa berperan aktif untuk menyerap nutrisi yang sangat penting misalnya seperti alfa dan beta karoten yang bisa membantu membentuk vitamin A agar bisa dengan lebih mudah diserap oleh tubuh kita.
  2. Bawang putih
    Bawang putih mengandung kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, dan quercetin serta gluthathione yang ada di dalamnya sangat bermanfaat dalam membantu melindungi lensa mata dan mencegah radikal bebas seperti sinar ultraviolet. Dan selain itu juga manfaat dari bawang putih adalah membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu menguatkan sel-sel optik dan juga sistem daya tahan tubuh yang pastinya akan membantu dalam menjaga kesehatan mata.
  3. Tomat
    Buah tomat kebanyakan digunakan untuk membantu merawat kulit wajah. Namun manfaat dari buah tomat salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan mata. Buah tomat yang diperkaya dengan vitaminA, vitamin C serta lycopene di dalamnya yang merupakan salah satu jumlah dari tigha nutrisi yang sangat penting untuk tubuh dan terutama adalah untuk mata.
  4. Cokelat hitam
    Cokelat hitam sangat baik dalam membantu menjaga ketajaman dari penglihatan. Karena cokelat hitam mengandung kandungan flavonoid di dalamnya yang bisa bertugas dan berfungsi dalam melindungi pembuluh darah dibagian mata sehingga bisa membantu menguatkan kornea dan juga retina mata.
  5. Kol atau brokoli
    Salah satu obat katarak alami lainnya adalah kol atau brokoli. Brokoli atau juga kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik dalam membantu merawat dan juga membantu menjaga kesehatan dari mata akibat dari brokoli atau juga kol dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang hampir mirip dengan bayam yaknia dalah seperti lutein atau juga zeaxanthin. Dan kedua dari nutrisi ini berfungsi seperti sunglasses yang bisa berfungsi dalam melindungi mata Anda dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu juga manfaat dari kol atau brokoli bisa membantu mencegah dan menurunkan resio dari terjadinya penyakit katarak mata.

Untuk pasien penderita penyakit katarak mata harus dianjurkan sekali dalam mengonsumsi jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Berbagai jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah seperti kacang mete, kemiri, kenari, dan juga jenis rempag-rempah tropis misalnya adalah seperti kayu manis, cengkeh, kunyit, serta bumbu oregano.

Itulah informasi mengenai penyakit katarak dan cara mencegahnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Katarak

This entry was posted in Penyakit Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.