Mata Katarak

Mata Katarak - Penyakit Katarak ialah sejenis gangguan mata yang cukup meresahkan dan merupakan salah satu penyebab dasar dari kebutaan, mata katarak dipicu oleh adanya gangguan lensa mata yang keruh sehingga dapat menghambat dan menutupi lensa mata dalam menerima cahaya yang masuk. Kekeruhan pada mata katarak dapat diakibatkan karena hidrasi ( kelebihan cairan pada lensa ) dan denaturasi protein pada lensa, pada umumnya mata katarak hanya mengenai satu mata saja.

Mata Katarak

Mata Katarak

Penyakit Mata Kakatak

Proses terjadinya mata katarak

Pada umumnya penderita mata katarak mengalami gejala yang hampir sama dengan gangguan mata lainnya, pada awal mulanya mata merasa cepat lelah, mata berair, mata perih, penglihatan mulai kabur, objek benda dan cahaya. Namun sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif seiring bertambahnya usia seseorang dan faktor tingkat kesehatan atau penyakit. Rata-rata usia penderita katarak adalah usia 60 tahun keatas, tak hanya orang yang sudah lanjut usia, katarak juga dapat terjadi pada bayi yang disebabkan oleh sang ibu yang telah teridentifikasi virus pada saat masa kehamilan.

Patofisologi Penyakit Katarak

Lensa mata pada mata katarak mengandung 3 susunan anatomis, yakni : nukleus korteks & kapsul nukleus akan mengalami perubahan warna cokelat kekuningan sesuai usia yang semakin bertambah, dan di sekitar opasitas terdapat densitas seperti duri dianterior & posterior nukleus. Opasitas pada kapsul posterior merupakan bentuk katarak yang paling bermakna, Perubahan fisik & kimia dalam lensa mengakibatkan hilangnya tranparansi. Salah satu teori menyebutkan terputusnya protein lensa normal terjadi disertai infulks air kedalam lensa proses ini mematahkan serabut lensa yang tegang & mengganggu transmisi sinar. Teori lain mengatakan bahwa suatu enzim mempunyai peranan dalam melindungi lensa dari degenerasi. Jumlah enzim akan menurun dengan bertambahnya usia dan tidak ada pada kebanyakan pasien menderita katarak.

Gejala Mata Katarak

Proses awal katarak tumbuh secara perlahan tanpa menimbulkan rasa sakit, kemudian sebagian kecil dari bagian lensa mata akan mempengaruhi pandangan anda sebagian dan saat katarak tumbuh lebih besar dan menutupi lensa mata maka akan terlihat seperti ada noda putih yang melekat pada lensa mata dan menghalangi masuknya cahaya ke mata sehingga mata akan semakin kehilangan penglihatannya, bayangan benda menjadi kabur dan mengalami distorsi. Namun mata katarak umumnya hanya menyerang satu mata saja.

Tanda dan gejala katarak antara lain :

• Penglihatan akan suatu objek benda atau cahaya menjadi kabur, buram. Bayangan benda terlihat seakan seperti bayangan semu atau seperti asap.

• Kesulitan melihat ketika malam hari

• Mata terasa sensitif bila terkena cahaya

• Bayangan cahaya yang ditangkap seperti sebuah lingkaran

• Membutuhkan pasokan cahaya yang cukup terang untuk membaca atau beraktifitas lainnya

• Sering mengganti kacamata atau lensa kontak karena merasa sudah tidak nyaman menggunakannya

• Warna cahaya memudar dan cenderung berubah warna saat melihat, misalnya cahaya putih yang ditangkap menjadi cahaya kuning.

• Jika melihat hanya dengan satu mata, bayangan benda atau cahaya terlihat ganda

Namun katarak tidak membahayakan kesehatan tubuh sampai menurunnya tingkat kesehatan anda, kondisi katarak yang semakin parah apabila menyebabkan radang, nyeri dan sakit kepala.

Makanan Untuk Katarak Mata

Beberapa makanan dibawah ini bisa membantu dalam mencegah terjadinya penyakit katarak adalah :

  1. Wortel
    Wortel merupakan salah satu jenis sauran yang sangat berkhasiat dan juga sangat berguna untuk kesehatan  mata karena kandungan beta karoten yang ada di dalam wortel bisa diubah di dalam tubuh untuk menjadi vitamin A yang bisa berperan penting dalam membantu memelihara kesehatan mata. Wortel juga sangat bermanfaat dalam membantu melepaskan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.
  2. Biji bunga matahari
    Kandungan selenium, zinc, dan vitamin E yang ada di dalam kuaci atau biji bunga matahari sangat berguna dan sangat membantu dalam mencegah terjadinya gangguan mata mata misalnya seperti penyakit katarak dan selain itu juga penyakit mata bisa diakibatkan karena terjadinya faktor penuaan. Dan selain itu juga biji bunga matahari mengandung kandungan vitamin B2 yang bisa berguna dalam membantu mengatasi terjadinya penyakit sensitivitas akibat cahaya atau biasanya sering dikenal dengan nama photophobia.
  3. Ikan salmon
    ikan salmon mengandung kandungan omega-3 yang tinggi dan lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan atau juga jensi makanan laut yang lainnya. Dan beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan suatu hasil bahwa orang yang rutin atau teratur mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 maka bisa mencegah terjadinya penyakit mata kering sehingga akan membantu menjaga kesehatan mata.
  4. Telur
    Telur merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang banyak dan baik. Kandungan yang ada di dalamnya adalah kandungan lutein, B12, zeaxanthin, dan juga vitamin A, vitamin D, zinc cysteine. Kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di dalam telur bisa membantu mencegah terjadinya proses degenerasi secara makular dan juga mencegah penyakit katarak mata.
  5. Bayam
    Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa membantu menambah energi. Selain bermanfaat dalam menambah energi kandungan zeaxanthin dan lutein yang ada di dalamnya juga sangat baik bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayur bayam bisa membantu mencegah terjadinya penyakit glaukoma mata.

Mata Katarak


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyakit Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.